0

BSM Rp 108 M untuk Kabupaten Lanny Jaya

07/21/2013 (All day)
Lanny Jaya Post
Lanny Jaya Post, Papua -- Pemerataan akses pendidikan merupakan salah satu tujuan nasional pendidikan. Disadari, Papua masih sangat minim untuk pemerataan akses pendidikan bagi peserta didik. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh melakukan kunjungan ke provinsi yang terletak di pulau paling timur di Indonesia tersebut, kemarin, Sabtu (20/7).

Mendikbud mengunjungi salah satu kabupaten di kaki gunung Jayawijaya, Papua, yaitu Kabupaten Lanny Jaya. Kunjungan ini sekaligus sebagai pencanangan Kabupaten Lanny Jaya Sebagai Kabupaten Pendidikan.
Sebanyak 2000 peserta didik, dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) menyambut kedatangan Menteri Nuh. Mereka dengan antusias berbaris sepanjang jalan, dengan menyanyikan lagu daerah Papua.

Saat memberikan pidato sambutan, Nuh mengungkapkan harapannya. Menurut dia, kontur wilayah Papua yang terdiri dari pegunungan, dan pesisir memiliki konsekuensi dalam masalah akses pendidikan. Wilayah pesisir dapat lebih maju dibandingkan pegunungan,  "Jadi, saya dukung Kabupaten Lanny Jaya menjadi lebih mandiri sehingga dapat memberikan layanan pendidikan yang memadai," tuturnya.

Seusai memberikan pidato sambutan, Nuh menyerahkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) berupa uang sebesar Rp 108 miliar bagi jenjang pendidikan SD, Sekolah Menengah Pertama, SMA, dan Sekolah Menengah Kejuruan. Adapun jumlah peserta didik tersebut, mencakup 12.901 murid SD, 4211 murid SMP, 1477 murid SMA/SMK.

Kabupaten Lanny Jaya merupakan salah satu kabupaten di Kota Tiom, Papua. Terletak di pegunungan tengah Jayawijaya. Untuk mencapai wilayah ini, terdapat dua kali penerbangan perintis yang harus ditempuh. Pertama, penerbangan dari Bandara Sentani menuju Kota Wamena yang memakan waktu setengah jam. Kedua, penerbangan dari Kota Wamena menuju Kota Tiom. (GG)  

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Top